apa itu shared hosting
Source Image : freepik.com

Apa Itu Shared Hosting? Begini Penjelasan hingga Kelebihannya

Artikel ini akan membahas tentang apa itu Shared Hosting, dimana akan menjelaskannya secara detail hingga kelebihan dan kekurangannya. Saat ini Website sangat dibutuhkan di dalam dunia bisnis, karena dengan menggunakannya pengguna bisa menjangkau puluhan ribu orang di seluruh dunia.

Meskipun begitu, tidak semua pebisnis menggunakan layanan website, karena penggunannya yang rumit dan terbilang mahal. Padahal terlepas dari hal itu, pengguna dapat merasakan banyak kelebihan dari menggunakan wesbite, contohnya dapat meningkatkan penjualan sebuah produk.

Akan tetapi jika ingin produk laku keras dengan jualan online, pengguna juga harus dituntut dengan mengoptimalkan website. Dimana, pengguna harus mempehatikan hosting yang digunakan, dan perlu diketahui hosting memiliki banyak jenis, salah satunya Shared Hosting.

Mungkin maish banyak orang yang tidak mengetahui tentang apa itu Shared Hosting? Karena masih asing dan baru saja mempelajarinya. Oleh sebab itu, kami akan menjelaskannya apa itu Shared Hosting dengan perlahan, berikut penjelasannya.

Apa Itu Shared Hosting?

Shared Hosting adalah sebuah layanan hosting yang menyediakan akun hosting dan dapat digunakan oleh beberapa akun sekaligus. Dimana pengguna akan menggunakan server yang sama, seperti penggunaan bandwidth, memori, hingga daya komputasi.

Dan perlu diketahui, salah satu jenis hosting ini bisa menjadi rekomendasi bagi yang baru mengetahui tentang hosting. Hal ini dikarenakan, Shared Hosting sendiri mempunyai harga yang murah, jadi tidak heran jika menjadi awalan untuk pembelajaran.

Untuk salah satu jenis hosting ini, pengguna diharuskan untuk mengolah dan mengoperasikan website mereka sendiri. Selain itu, salah satu jenis hosting ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui sebelum menggunakannya, dan berikut ini kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Shared Hosting

Harganya Murah

Kelebihan pertama adalah harganya yang murah, seperti yang sudah dikatakan harga dari salah satu jenis ini murah. Jadi sangat cocok untuk awalan atau pemula yang baru mengetahui tentang hosting, mungkin banyak yang bertanya-tanya, mengapa harganya murah?

Karena seperti yang diketahui, salah satu jenis hosting ini digunakan bersama-sama dan tentunya banyak yang menggunakannya. Jadi tidak heran jika salah satu jenis hosting ini menjadi rekomendasi bagi web developer pemula, karena dengan menggunakannya resiko kerugian akan berkurang.

Mudah untuk Digunakan

Kelebihan yang kedua adalah mudah untuk digunakan, tidak hanya murah, salah satu jenis hosting ini mudah digunakan. Dengan menggunakan hosting jenis ini, pengguna tidak perlu memikirkan permasalahan server yang sangat rumit.

Karena yang akan mengelolanya adalah penyedia layanan, sehingga pengguna bisa fokus untuk mengembangkan situs hingga meningkatkan pengunjung website. Dan untuk meningkatkan pengunjung website tentunya memiliki cara sendiri yang harus dipelajari oleh pengelola website.

Jenis Hosting yang Cocok untuk Pemula

Kelebihan ketiga adalah cocok untuk pemula, perlu diketahui salah satu jenis hosting ini memang bertujuan untuk mereka yang baru belajar menggunakan website. Jumlah traffic dari salah satu jenis hosting ini tidak terlalu besar, sehingga sangat cukup bagi para pemula.

Memiliki Akses ke Control Panel

kelebihan keempat adalah mempunyai akses ke control panel, memungkin penggunanya untuk mendapatkan akses control panel. Dengan adanya akses tersebut, pengguna dapat melakukan apa saja untuk mengembangkan wesbite, contohnya mengembangkan desain, mengelola konten, dan masih banyak lagi.

Kekurangan Shared Hosting

Keamanan Server Kurang Terjamin

Seperti yang diketahui, penggunaan salah satu jenis hosting ini secara bersamaan, sehingga keamanan servernya pun kurang terjamin. Ada kemungkinan hak akses akan disalahgunakan, hal ini lah yang akan membuat kualitas server menurun dan membuka celah keamanan yang terpasang.

Terbatasnya Kontrol Server

Salah satu jenis hosting ini mengizinkan dua pengguna, yakni yang menyediakan layanan dan pengelola untuk mengoperasikan server. Hal ini lah yang menyebabkan akses untuk mengontrol server menjadi terbatas, jadi berbeda dengan penggunaan Dedicated Hosting yang dapat mengontrol server secara leluasa.

Tidak Fleksibel

Kekurangan yang terakhir menggunakan salah satu jenis hosting ini adalah tidak fleksibel, hal ini dikarenakan jika traffic website sudah besar. Penting untuk menggunakan server yang lebih besar, akan tetapi untuk layanan salah satu jenis hosting ini hanya bisa upgrade penyimpanan dan fitur tambahan saja.

 

Penutup

itulah penjelasan, kelebihan, dan kekuranan dari Shared Hosting, gunakanlah salah satu jenis hosting ini sebagai pembelajaran bagi pemula. Dan terimakasih sudah membaca artikel ini, saya harap artikel ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan pengetahuan baru tentang salah satu jenis hosting yang cocok untuk pemula.