makanan penyebab maag
Source Image : freepik.com

Penting! 5 Makanan Penyebab Maag yang Harus Diketahui!

Banyak orang yang masih belum mengetahui apa saja makanan penyebab maag, padahal makanan yang kerap di makan adalah penyebabnya. Akan tetapi, banyak orang yang mengetahui, penyebab dari maag dikarenakan telat makan, padahal ada pemicu lain yang bisa membuat seseorang mengalami maag.

Dan pemicu lain yang bisa membuat orang mengalami maag adalah makanan, ada makanan tertentu yang bisa membuat orang mengalami maag. Dan makanan-makanan tersebut adalah cokelat, susu, gorengan, dan masih banyak lagi yang bisa berpotensi untuk membuat seseorang terjangkit maag.

Pastinya, makanan penyebab maag yang disebutkan barusan, semuanya memiliki rasa yang enak, bahkan membuat ketagihan. Akan tetapi, alangkah lebih baik menguranginya, atau lebih baik juga tidak mengkonsumsinya jika memiliki penyakit maag.

Jadi jika ingin sarapan atau ngemil, alangkah lebih baik mengurangi beberapa makanan yang barusan disebuttkan. Agar maag yang diderita pun menjadi lebih baik daripada sebelumnya, dan berikut ini adalah deretan makanan penyebab maag yang bisa Anda ketahui, simak berikut ulasannya.

5 Makanan Penyebab Maag yang Harus Diketahui!

Makanan Pedas

Makanan pertama yang membuat maag kambuh adalah makanan pedas, pastinya sudah banyak orang yang mengetahui bahwa makanan pedas adalah salah satu penyebabnya. Dan pada umumnya, makanan pedas banyak digemari oleh kaum wanita.

Perlu diketahui, jika seseorang suka sekali dengan makanan pedas, pastinya akan susah untuk berhenti dari makanan tersebut. Meskipun mengidap maag, masih ada orang yang ingin memakan makanan yang pedas, demi memenuhi keinginannya, sehingga mereka tidak tahu apa resiko dari hal tersebut.

Makanan yang Memiliki Kadar Lemak Tinggi

Makanan kedua yang bisa membuat maag kambuh adalah makanan yang memiliki kadar lemak tinggi, untuk penyebab salah satu ini mungkin masih banyak yang bertanya-tanya. Mengapa makanan berlemak tinggi menjadi salah satu penyebab mengalami maag? Karena, jenis makanan ini sulit untuk dicerna.

Jadi, makanan tersimpan di lambung lebih lama, maka potensi mengidap maag akan menjadi lebih besar. Asam lambung yang memenuhi perut, nantinya akan membuat perut menjadi kembung, bahkan kerongkongan pun bisa menimbulkan sensasi panas di dada dan kerongkongan.

Makanan Mengandung Bawang

Makanan ketiga yang bisa membuat maag kambuh adalah makanan mengandung bawang, pengidap maag harus menjauhi makanan yang menggunakan bawang. Karena, bawang ini adalah salah satu penyebab orang mengidap maag, jadi alangkah lebih baik untuk mengurangi.

Dan bawang yang bisa menjadi gejala kambuhnya maag adalah bawang bombay dan bawang putih, dimana kedua bawang tersebut mengandung gas. Dan kandungan tersebut akan membuat perut menjadi kembung, dan tidak hanya itu bawang juga bisa melemaskan otot spitcher di kerongkongan, dan membuat gas naik ke kerongkongan.

Makanan dengan Kandungan Garam yang Tinggi

Makanan keempat yang bisa membuat maag kambuh adalah makanan dengan kandungan garam yang tinggi. Perlu diketahui, pengidap maag yang mengkonsumsi makanan dengan garam tinggi beresiko 70% mengalami refluks asam lambung.

Sebenarnya, masih banyak orang yang belum menegtahui, mengapa makanan dengan kandungan garam tinggi menjadi penyebab mengidap maag. Dan ada kemungkinan, makanan yang mengandung garam tinggi kerap disajikan dengan digoreng terlebih dahulu, sehingga makanan menjadi berlemak.

Cokelat

Makanan kelima yang bisa membuat maag kambuh adalah cokelat, seperti yang dikatakan tadi, jenis makanan ini menjadi salah satu penyebabnya. Perlu diketahui, cokelat adalah jenis makanan yang dapat memicu maag akibat GERD, mengapa?

Karena, cokelat adalah makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi, sehingga disekitar kerongkongan mengendur dan membua asam lambung naik ke kerongkongan. Jenis makanan ini mengandung methylxanthine, dimana kandungan tersebut bisa melemaskan otot jantung dan otot di kerongkongan.

 

Penutup

Itulah deretan makanan yang menjadi gelaja kambuhnya maag, jika sudah mengurangi deretan makanan yang dijelaskan. Jangan lupa juga untuk makan secara teratur, jika salah satu tidak dikerjakan, antara menjauhi makanan dan makan secara teratur, pastinya resiko maag kambuh masih ada.

Oleh sebab itu, lakukan saja keduanya, agar resiko maag yang kambuh akan semakin sedikit, dan Anda pun tidak akan merasa terganggu. Terimakasih sudah membaca artikel ini, saya harap artikel ini membantu Anda untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat.