makanan pemicu asam urat
Source image : freepik.com

5 Jenis Makanan Pemicu Asam Urat yang Perlu Dihindari

Artikel ini akan membahas tentang jenis makanan pemicu asam urat yang perlu dihindari dan dijauhi, simak selengkapnya disini. Saat ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa penyakit asam urat hanya bisa terjangkit oleh orang tua, hal ini dikarenakan seiring bertambahnya usia.

Padahal anggapan itu di zaman ini sudah tidak akurat lagi, karena saat ini ada anak dengan usia yang masih mudah bisa terjangkit asam urat. Dan masalahnya terletak adap jenis makanan pemicu asam urat, hal ini sangat penting dan perlu diketahui, agar orang-orang tidak mengkonsumsinya.

Dan usia muda yang bisa terjangkit penyakit ini dimulai dari usia 20, jadi alangkah lebih baik untuk berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Meskipun begitu, pastinya masih banyak orang yang bertanya-tanya, apa penyebab anak di usia muda bisa terjangkit penyakit tersebut.

Saat ini banyak orang yang mengkonsumsi makanan pemicu asam urat, contohnya makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi. Dan berikut ini adalah jenis makanan pemicu asam urat yang tidak boleh dikonsumsi dan tentunya harus dihindari, simak berikut ulasannya.

5 Jenis Makanan Pemicu Asam Urat yang Perlu Dihindari

Makanan Laut

Jenis makanan pertama adalah makanan laut, jadi orang yang menderita penyakit ini harus menghindari segala makanan laut. Makanan yang perlu dihindari adalah makanan yang mengandung banyak purin, contohnya kerang, ikan teri, sarden, tuna, dan masih banyak lagi.

Jadi, tidak semua makanan laut harus dihindari bagi penderita penyakit ini, jadi ada kandungan yang harus dihindari. Akan tetapi, jika ingin mengkonsumsi makan laut, alangkah lebih baik mengkonsumsi makanan laut yang rendah kandungan purin, contohnya belut laut atau ikan gindara.

Daging Merah

Jenis makanan kedua adalah daging merah, mungkin beberapa orang masih belum tahu, apa saja jenis daging merah. Dan jenis-jenis daging merah diantaranya adalah daging sapi, domba, babi, jenis daging yang memilki kandungan tinggi protein.

Sama halnya dengan makanan laut, jenis daging ini memiliki kandungan purin yang tinggi, jadi tidak heran jika penderita asam urat harus menghindarinya. Akan tetapi jika penderita ingin mengkonsumsi dan tetap menjaga kadar asam urat darah, penderita harus menggantinya dengan daging ayam atau sumber protein nabati.

Daging Ungggas

Jenis makanan ketiga adalah daging unggas, tidak semua daging unggas harus dihindari dan tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat. Jadi daging unggas yang bisa dikonsumsi adalah ayam dan bebek, dan daging yang tidak boleh dikonsumsi adalah daging kalkun, angsa, jenis daging yang memilki kandungan purin yang tinggi.

Jeroan

Jenis makanan keempat yang tidak boleh dikonsumsi adalah jeroan, contohnya hati sapi, otak sapi, dan usus ayam. itulah beberapa jeroan yang harus dihindari dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, hal ini dikarenakan memilki kadar purin yang tinggi dan bisa terjangkit serangan gout jika penderita lama asam urat.

Susu dengan Tinggi Lemak

Jenis makanan kelima yang tidak boleh dikonsumsi adalah susu dengan tinggi lemak, tidak hanya makanan, ada beberapa minuman yang harus dihindari. Dan salah satu minuman yang harus dihindari oleh penderita asam urat adalah susu dengan tinggi lemak.

Dan contoh produk olahan yang mengandung susu tinggi lemak adalah es krim dan keju, jadi olahan tersebut yang harus dihindari oleh penderita. Akan tetapi, penderita bisa mengkonsumsi susu dengan kadar lemak yang rendah dan tentunya produk olahannya pun bisa dinikmati oleh penderita.

 

Penutup

Itulah jenis makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, jadi harus hati-hati saat mengkonsumsinya. Akan tetapi, jika ingin mengkonsumsinya, penderita bisa mengkomsumsi makanan yang memilki kandungan purin yang rendah atau minuma dengan kandungan lemak yang rendah.