cara mengatasi susah tidur
Source image : freepik.com

Ampuh! 5 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Perlu dicoba

Artikel ini akan membahas tentang cara mengatasi susah tidur, dimana cara ini perlu dicoba dan ampuh, simak selengkapnya disini. Tidak semua orang bisa tidur dengan nyenyak, karena adakalanya orang tertidur dengan gelisah, sehingga tidak bisa tidur.

Pastinya tidak sedikit orang yang bertanya-tanya, apa faktor dan penyebab susah tidur sehingga tidak bisa tidur. Perlu diketahui, banyak faktor yang dapat mempengaruhi seseorang tidak bisa itdur, dan salah satu contohnya adalah apa yang dikonsumsi sebelum tidur.

Jadi, apa yang dikonsumsi sebelum tidur bisa jadi faktor penyebab tidak bisa tidur, jadi sebelum mengetahui cara mengatasi susah tidur. JIka sudah mengetahui apa saja faktornya, tentunya sudah bisa tahu bagaimana cara mengatasi insomnia, contohnya ada beberapa hal yang harus dihindari sebelum tidur.

Akan tetapi tidak semua orang peduli dengan keadaan ini, karena menurut mereka hal ini sangat sepele. Padahal kasus ini dapat menyebabkan seseorang sulit berkonsentrasi, kelelahan, tidak bertenaga, dan masih banyak lagi, dan berikut ini adalah cara mengatasi susah tidur, simak berikut ulasannya.

5 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Perlu dicoba

Menciptakan Suasana yang Nyaman

Cara pertama adalah menciptakan suasana yang nyaman saat tidur, contoh yang bisa dilakukan adalah mematikan lampu saat hendak tidur. JIka Anda tidak ingin ruangan terlalu gelap, gunakan lampu tidur sehingga cahaya pada ruangan terbatas dan tidak terlalu terang.

Selain itu, alangkah lebih baik untuk menjauhkan gadget atau alat elektronik lainnya sebelum tidur, alasannya sinarnya akan menganggu Anda. Tidak hanya itu, Anda pun bisa menggunakan minyak khusus yang membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, yakni minyak esensial atau aromaterapi.

Membatasi Waktu Tidur Siang

Cara kedua adalah membatasi waktu tidur siang, beberapa orang beranggapan tidur siang membuat tubuh menjadi lebih segar. Akan tetapi, hal ini bisa menjadi salah satu faktor Anda tidak bisa tidur pada malam hari, oleh sebab itu jika ingin tidur siang guna menyegarkan tubuh, alangkah lebih baik untuk tidur selama 10-20 menit saja.

Jika waktu tidur siang melebihi waktu tersebut, resiko Anda untuk susah tidur sangat besar sehingga tidak bisa tidur. jadi, lakukanlah tidur siang secukupnya saja, agar waktu tidur malam tidak terganggu dikarenakan sudah tidur siang.

Hindari Minuman Berkafein sebelum Tidur

Cara ketiga adalah menghindari minuman berkafein sebelum tidur, contoh minuman berkafein adalah kopi, teh, dan masih banyak lagi. Tentunya, bukan hanya minuman saja yang dapat menyebabkan orang susah tidur, makanan pun menjadi salah satu faktor yang membuat orang susah tidur.

jadi, alangkah lebik baik tidak mengkonsumsi makanan dengan porsi besar sebelum tidur, karena ini adalah hal yang penting. Jika mengkonsumsi makanan dengan porsi besar sebelum tidur, ini akan menyebabkan saluran cerna aktif kembali dan membuat orang akan tetap terjaga.

Harus Rutin Berolahraga

Cara keempat adalah harus rutin berolahraga, seperti yang diketahui berolahraga adalah kegiatan yang penting untuk dilakukan. Alangkah lebih baik dalam seminggu 3x berolahraga dengan durasi 30 menit, dan aktivitas ini akan meningkatkan durasi dan kualitas waktu tidur seseorang.

Meskipun rutin olahraga adalah hal yang bagus, tetapi jangan sampai melakukan olahraga sebelum tidur. Karena jika melakukannya akan memberikan efek stimulan pada tubuh seseorang, sehingga akan semakin susah tidur atau insomnia.

Hindari Hal yang Membuat Stress

Cara terakhir yang bisa mengatasi insomnia adalah menghindari hal yang membuat stress, seseorang yang stress akan memproduksi banyak hormon kortisol. Dan hormon ini adalah salah satu yang dapat mengganggu pola hidup sehat seseorang.

Agar terhindar dari stress, alangkah lebih baik untuk melakukan yoga, meditasi, atau bisa melakukan mandi air hangat sebelum tidur. Lakukanlah aktivitas yang membuat Anda menjadi rileks, sehingga saat ingin tidur pun tidak menjadi susah, malah cepat tidur.

 

Penutup

Itulah beberapa cara dan tips yang bisa Anda lakukan jika kesusahan untuk tidur, akan tetapi jika tips-tips tidak berpengaruh. Alangkah lebih baik untuk memeriksanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, terimakasih sudah membaca artikel ini saya harap artikel ini membantu Anda