Perbedaan VPS dan RDP

Pahami Perbedaan VPS dan RDP

Hai kawan kamu pasti sering mendengar tentang istilah VPS dan RDP, kan? Keduanya sama-sama digunakan untuk mengakses komputer atau server dari jarak jauh, tapi ada beberapa perbedaan VPS dan RDP yang penting antara keduanya loh.

Oke untuk yang pertama adalah VPS atau bisa juga disebut Virtual Private Server merupakan sebuah server yang terdiri dari beberapa virtual mesin yang saling terpisah. Setiap virtual mesin ini bisa diakses dan diatur secara terpisah, seperti kamu memiliki komputer sendiri di dalam server tersebut. Kamu bisa menginstall software apa saja yang kamu inginkan di VPS, dan kamu bisa mengaksesnya dari mana saja yang kamu inginkan melalui internet.

Selanjutnya untuk perbedaan VPS dan RDP adalah RDP atau Remote Desktop Protocol merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk mengakses komputer atau server dari jarak jauh. Kamu bisa mengakses komputer atau server yang menggunakan RDP dari mana saja yang kamu inginkan melalui internet, tapi kamu tidak bisa menginstall software apapun di sana. RDP hanya memberikan akses ke desktop komputer atau server tersebut, sehingga kamu hanya bisa menjalankan program yang sudah terinstall di komputer yang mau diakses dari jarak jauh.

Perbedaan VPS dan RDP Secara Umum

Nah tadi udah dijelasin tentang perbedaan VPS dan RDP dari pengertian dan kegunaan secara singkat, tapi ada satu perbedaan utama yan paling mencolok dari keduanya. Jadi, perbedaan utama antara VPS dan RDP adalah VPS memberikan akses yang lebih besar kepada penggunanya, sementara RDP hanya memberikan akses ke desktop komputer atau server tersebut. 

VPS cocok untuk kamu yang ingin memiliki kontrol yang lebih besar atas server atau komputer yang kamu gunakan, sementara RDP lebih cocok untuk kamu yang hanya ingin mengakses komputer atau server tersebut untuk menjalankan program yang sudah terinstall di sana. Sekarang kita bahas tentang kelebihan dan kekurangan dari keduanya.

ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari VPS dan RDP:

Kelebihan VPS:

  • Kamu bisa menginstall software apapun yang kamu inginkan di VPS, sehingga kamu bisa menggunakan VPS untuk keperluan apapun yang kamu inginkan.
  • Kamu bisa mengatur setiap aspek dari VPS, seperti memori, prosesor, dan ruang penyimpanan, sesuai dengan kebutuhanmu.
  • VPS lebih aman dibandingkan dengan shared hosting, karena setiap VPS terpisah dari VPS lainnya.

Kekurangan VPS:

  • VPS biasanya lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting atau RDP.
  • Kamu harus mengelola VPS sendiri, sehingga kamu harus memiliki pengetahuan teknis yang cukup untuk mengatur dan mengelolanya.

Kelebihan RDP:

  • RDP lebih murah dibandingkan dengan VPS.
  • Kamu bisa mengakses komputer atau server yang menggunakan RDP dari mana saja yang kamu inginkan melalui internet.

Kekurangan RDP:

  • Kamu tidak bisa menginstall software apapun di komputer atau server yang menggunakan RDP.
  • Kamu hanya bisa menjalankan program yang sudah terinstall di komputer atau server tersebut.

Keperluan Penggunan dari perbedaan VPS dan RDP

Selain kelebihan dan kekurangan dari perbedaan VPS dan RDP keduanya juga memiliki kegunaan yang diperuntukan untuk hal yang berbeda pula. VPS dan RDP biasanya digunakan untuk keperluan berikut:

VPS:

-Hosting website

-Menjalankan aplikasi server seperti database, mail server, atau aplikasi khusus

-Menjalankan game server

-Menjalankan aplikasi yang memerlukan sumber daya yang besar

RDP:

-Mengakses komputer atau server dari jarak jauh untuk menjalankan program yang sudah terinstall di sana

-Mengontrol komputer atau server dari jarak jauh

-Mengakses aplikasi yang hanya tersedia di komputer atau server tertentu

Oke itulah sedikit penjelasan tentang perbedaan VPS dan RDP semoga bisa membantu kalian untuk menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan kalian yah semoga membantu.