Fungsi Favicon

Mengenal Fungsi Favicon Pada Blog Serta Fungsinya

Halo semuanya kalian pernah denger gak istilah Favicon? Kali ini kita akan belajar mengenal Favicon pada blog untuk tampilan blog kamu. Favicon (singkatan dari “favorites icon”) adalah ikon kecil yang muncul di tab browser ketika kamu mengunjungi sebuah website. Ini juga bisa muncul di bookmark bar atau daftar favorit browser. Secara umum, favicon digunakan untuk memberikan identitas visual pada sebuah website dan membuatnya lebih mudah dikenali oleh pengunjung.

Favicon biasanya dibuat dalam bentuk gambar berukuran kecil, seperti 16×16 pixels atau 32×32 pixels. File favicon ini harus diubah ke format .ico atau .png. Beberapa browser juga mendukung format .gif atau .jpg.

Mengenal 6 Fungsi Favicon pada Blog

Favicon memiliki beberapa fungsi utama, berikut beberapa fungsi agar kamu bisa lebih mengenal Favicon pada blog yaitu:

  1. Memberikan identitas visual pada website: Favicon dapat memberikan identitas visual pada website kamu, sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengenali website kamu dari antara banyak tab yang terbuka di browser mereka.
  2. Membuat website lebih menarik: Favicon yang unik dan menarik dapat membuat website kamu terlihat lebih profesional dan menarik bagi pengunjung.
  3. Memudahkan pengenalan website: Jika mesin pencari sudah mengenal Favicon pada website maka Favicon dapat membuat website kamu lebih mudah diingat dan dikenali oleh pengunjung, sehingga mereka dapat dengan mudah menemukan website kamu lagi ketika mereka ingin mengunjungi kembali.
  4. Membantu SEO: Favicon yang dioptimalkan dengan baik dapat membantu SEO website kamu dengan memberikan informasi visual pada mesin pencari yang dapat digunakan untuk mengindeks website kamu. Dengan favicon yang dioptimalkan, website kamu akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan pengunjung.
  5. Meningkatkan Branding: Setelah mesin pencari sudah mengenal Favicon pada web yang menarik dan hunik hal tersebut juga dapat meningkatkan branding perusahaan kamu, dengan cara memberikan identitas visual yang dapat diingat oleh pengunjung dan meningkatkan kesadaran merek.
  6. Membuat website lebih mengesankan: Favicon yang baik dapat membuat website kamu terlihat lebih mengesankan dan profesional dibandingkan website yang tidak memiliki favicon atau favicon yang kurang menarik.

 Secara keseluruhan, favicon pada blog memainkan peran penting dalam memberikan identitas visual dan meningkatkan kesan pada website kamu. Ini dapat membuat website kamu lebih mudah dikenali dan diingat oleh pengunjung, dan juga dapat membantu dalam upaya SEO website kamu.

Cara Menambah Favicon

Untuk menambahkan favicon pada blog kamu, kamu perlu menambahkan beberapa perintah sederhana ke blog kamu, untuk langkah mudah pertama kamu bisa menggunakan kode ini ke dalam header website kamu :

Copy code

<link rel=”shortcut icon” href=”link-ke-favicon-mu” type=”image/x-icon” />

gantilah “link-ke-favicon-mu” dengan alamat URL dari file favicon kamu yang sudah di upload pada server website kamu.

Menambahkan Favicon pada sitemap website akan memberikan informasi pada mesin pencari bahwa website kamu memiliki favicon. Dengan favicon yang sesuai dan dioptimalkan, kamu dapat memberikan identitas visual yang kuat pada website kamu dan membuatnya lebih mudah dikenali oleh pengunjung dan mesin pencari.

Favicon juga bisa dioptimalkan dengan baik untuk SEO website, caranya dengan memberikan judul yang deskriptif dan keyword yang relevan pada gambar favicon dan juga memberikan tag alt pada gambar. 

Oke sekian dulu pembahasan kita tentang Favicon semoga kamu sudah lebih mengenal Favicon pada blog dan dapat menerapkan beberapa perintah tambahan untuk mengoptimalkan kinerja blog kalian. Dengan adanya fitur ini tentunya profesionalitas website akan semakin terlihat terimakasih.