cara memperpendek link
source image : istimewa

Cara Memperpendek Link Website agar Tidak Terlalu Panjang

Cara memperpendek link website saat ini banyak dicari oleh pengguna sosial media, karena pada umumnya URL tersebut akan diletakkan pada akunnya. Bayangkan saja jika menggunakan URL yang panjang, pastinya jika ada pengguna lain atau audiens yang berkunjung ke profil, pastinya tidak enak untuk dlihat.

Agar URL lebih enak dipandang, alangkah lebih baik untuk membuatnya menjadi lebih pendek daripada dengan aslinya. Dan cara memperpendek link situsnya pun menggunakan tools khusus nantinya, untuk trik membuat situs menjadi lebih pendek pun tidak akan sulit.

Perlu diketahui, tools yang akan digunakan untuk membuat URL menjadi lebih pendek ada dua jenis, yakni berbayar dan gratis. Dan tentunya, tools yang gratis memiliki akses fitur yang berbeda jika dibandingkan dengan tools yang berbayar, contoh menyediakan fitur yang lebih banyak.

Meskipun tools gratis memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan tools yang berbayar, tools tersebut masih bisa membantu kegiatan bisnis. Berikut ini adalah cara memperpendek link situs aagr tidak terlalu panjang saat digunakan di sosial media, simak berikut ulasannya.

Cara Memperpendek Link Website agar Tidak Terlalu Panjang

 

Bitly

Tools pertama yang bisa digunakan untuk membuat link menjadi lebih pendek adalah Bitly, dimana bitly adalah salah satu tools terbaik. Dan pada umumnya, pebisnis online sudah tidak asing lagi dengan salah satu tool ini, karena tools ini banyak yang menggunakannya dalam berbisnis online.

Biasanya, URL yang diperpendek oleh pebisnis online adalah URL yang mengarahkan audiens kepada nomor WA atau informasi detail tentang produknya. Dan cara menggunakan Bitly untuk memperpendek URL sangatlah mudah, pengguna hanya perlu menyalin dan menempelkan link ke kotak yang sudah disediakan.

Bl.ink

Tools kedua yang bisa digunakan untuk membuat link menjadi lebih pendek adalah Bl.ink, dimana tools ini mirip dengan Bitly. Pengguna juga bisa mendaftar akun secara gratis, kemudian bisa membuat 1000 tautan dan melacak lalu lintasnya hingga 1000 klik pertautan.

Selain bisa digunakan secara gratis, Bl.ink juga menawarkan paket berbayar, jika terdaftar sebagai akun yang berbayar. Akun tersebut bisa mengakses fitur lebih banyak dibandingkan dengan akun yang gratisan, untuk harganya sendiri dimulai dari $12 per bulan.

TinyURL

Tools ketiga yang bisa digunakan untuk membuat link menjadi lebih pendek adalah TinyURL, dimana tolls ini sudah ada sejak tahun 2002. Meskipun tools ini sudah lama, hingga saat ini masih banyak pengguna yang memanfaatkan tools ini untuk membutat tautan menjadi lebih pendek.

Seperti yang sudah dibahas, cara menggunakan tools ini sangat mudah, pengguna hanya perlu menyalin dan menempelkan tautan ke kolom yang disediakan. Kemudian, pengguna tekan tombol “Make TinyUrl” untuk membuat link menjadi pendek.

Ow.ly

Tools keempat yang bisa digunakan untuk membuat link menjadi lebih pendek adalah Ow.ly, dimana tools ini adalah bagian dari layanan manajemen sosial media. Dan layanan tersebut dinamakan sebagai HootSuite, layaan ini sendiri sudah terhubung dengan soaial media lainya, seperti Facebook, Twitter, dan masih banyak lagi.

Untuk cara menggunakannya pun sangat mudah, mirip dengan TinyURL, jadi tidak perlu khawatir cara menggunakannya yang sulit. Selain itu, Ow.ly juga memberikan tarif langganan, dan harganya dimulai dari Rp700.000-an.

AdFly

Tools terakhir yang bisa digunakan untuk membuat link menjadi lebih pendek adalah AdFly, mugkin beberapa orang sudah tidak asing lagi dengan tools satu ini. Karena, banyak orang yang menggunakan tools AdFly ini untuk membuat tautannya menjadi lebih pendek.

Selain memiliki fungsi untuk membuat tautan menjadi lebih pendek, pengguna juga bisa mendapatkan uang dari AdFly. Dan bagaimana cara mendapatkannya? AdFly akan membayar setiap ada pengguna yang klik tautan yang sudah dibuat, jadi semakin banyak tautan di klik, semakin banyak juga cuan yang akan didapatkan.

 

Penutup

Itulah beberapa cara dan tools yang bisa digunakan dan dimanfaat untuk membuat tautan menjadi lebih pendek. Dengan menggunakan tools-tools tersebut, Anda bisa menempelkannya di sosial media ataupun bio Instagram, terimakasih sudah membaca artikel ini, saya harap artikel ini bisa membantu Anda.