Import Database MySQL

Cara Import Database MYSQL dengan 4 Langkah Mudah

Halo teman-teman! Pernah nggak sih kalian pengen ngoprek isi data yang ada di website dengan ubah database tapi bingung gimana cara importnya? Tenang aja, kita bakal bahas cara import database MySQL yang gampang banget dan kita bahas dengan santai yuk.

Database itu kayak gudang buat nyimpen data-data kalian. Jadi semua data yang kalian tampilkan di halaman tampilan website itu diambil datanya dari database. Misalnya, data nama, alamat, atau bahkan data tentang produk yang kalian jual di toko online. 

Cara Input Database MYSQL dengan Langkah Mudah

Nah, kalau kalian udah punya data yang mau disimpen berikut cara import database MYSQL dengan langkah mudah, yuk ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka software yang biasa kalian pakai untuk ngelola database, misalnya phpMyAdmin.
  2. Klik tombol import di pojok kiri atas layar.
  3. Klik tombol pilih file, lalu pilih file databasenya yang mau kalian import. Pastikan file tersebut berbentuk .sql.
  4. Selesai! Databasenya udah keimport ke dalam software kalian.

Ingat! sebelum melakukan import pastikan kalian sudah membuat database yang akan digunakan dan pastikan kalian memiliki hak akses pada database yang akan digunakan. Nah kalau kalian udah tau gimana cara import database MYSQL ada juga nih beberapa fungsi lainya.

Manipulasi Database MYSQL

Selain import, ada beberapa hal lain yang bisa kalian lakukan untuk memanipulasi isi database MySQL. Berikut adalah beberapa manipulasi data yang bisa dilakukan menggunakan database:

  • Backup database. Ini penting banget karena kalau terjadi masalah, kalian masih bisa restore data kalian dari backup. Caranya sama kayak import, cuma kali ini klik tombol export di phpMyAdmin.
  • Membuat tabel baru. Tabel itu kayak kotak buat nyimpen data-data tertentu. Misalnya kalau kalian punya toko online, kalian bisa buat tabel untuk produk, tabel untuk kategori produk, dan tabel untuk transaksi. Caranya cukup klik tabel di phpMyAdmin lalu klik tombol create table.
  • Menginput data ke tabel. Setelah kalian buat tabel, kalian bisa masukin data ke dalam tabel tersebut. Caranya cukup klik tabel yang mau kalian masukin data, lalu klik tombol insert.
  • Mengubah data di tabel. Kalau kalian salah masukin data atau mau ganti data yang udah ada, kalian bisa mengubah data tersebut. Caranya cukup klik tabel yang mau kalian ubah, lalu klik tombol update.
  • Menghapus data di tabel. Kalau kalian tidak memerlukan data tertentu lagi, kalian bisa menghapus data tersebut. Caranya cukup klik tabel yang mau kalian hapus, lalu klik tombol delete.

Semua perintah diatas dapat di lakukan dengan beberapa cara menggunakan database selain cara import database MYSQL, kalian juga dapat menggunakan SQL query (Structured Query Language) yang merupakan bahasa standar untuk mengakses dan memanipulasi data dalam sebuah database.

Itulah beberapa hal yang bisa kalian lakukan dengan database MySQL, mulai dari import, backup, membuat tabel, menginput data, mengubah data, hingga menghapus data. Jangan lupa untuk selalu backup data-data penting dan jangan lupa juga untuk menjaga keamanan data-data yang kalian simpan di dalam database.

Nah gimana kawan Itu dia cara import database MySQL yang gampang banget, mudah-mudahan bisa membantu kalian yang mau ngoprek isi dari database kalian sehingga sesuai dengan yang kalian harapkan. Jangan lupa untuk selalu backup data-data yang penting supaya nggak kehilangan data jika terjadi masalah saat melakukan sesuatu. Oke mungkin sekian dulu pembahasan kita tentang cara impost database MYSQL dengan mudah. Selamat mencoba!