Tips Anti Lemas Ketika Puasa!

Apa kabar hari ini smart readers? tidak terasa ya puasa tinggal beberapa bulan lagi. Siapa disini yang merasa lemas ketika puasa? Puasa sebulan penuh terkadang memiliki tantangan tersendiri bagi sebagian orang.

Meski puasa adalah saat lapar dan haus dari matahari terbit hingga terbenam, Anda tetap bisa melakukan pekerjaan dengan penuh semangat. Berikut 5 tips anti lemas saat berpuasa!

1. Istirahat yang cukup

Perubahan tidur yang tidak bisa dihindari sering menyebabkan kantuk selama puasa. Untuk melakukan ini, Anda dapat menyesuaikan waktu tidur Anda lebih awal dan jika perlu, meningkatkan kualitas tidur Anda.

2. Jangan makan berlebihan saat Sahur dan Buka Puasa

Saat sahur, banyak orang makan nasi terlalu banyak dalam waktu lama dan membalas dengan berbuka puasa.

Meskipun tidak dianjurkan karena kandungan glukosa dalam beras cepat habis. Tambahkan sayuran dan buah-buahan segar sebagai bagian dari diet Anda karena memiliki kandungan yang baik dan membuat tubuh kita lebih segar.

3. Isi volume cairan Anda

Tubuh manusia membutuhkan sekitar 2 liter air per hari. Meskipun puasa mencegah Anda dari minum sepanjang hari, ada cara lain Anda dapat mengambil cairan Anda. Lakukan Pola 2-2-4: Minumlah segelas air sebelum makan dan 2 gelas air putih di akhir puasa dan 4 gelas air putih di malam hari dan setelah sholat tahajud. Dengan cara ini tubuh tetap berada di dalam air.

4. Olahraga ringan

apabil adilakukan dengan benar, itu akan menahan banyak kondisi buruk selama puasa. Anda bisa memilih jenis olahraga ringan dan waktu olahraga yang berbeda di rumah, misalnya 30-60 menit setiap hari sebelum berbuka puasa.

5. Minum vitamin ekstra

Sangat penting untuk melindungi sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit saat berpuasa. Selain mengonsumsi sayur dan buah yang baik untuk tubuh, disarankan untuk mengonsumsi vitamin ekstra agar tubuh tidak mudah lelah.

Penting untuk diketahui bahwa aturan makan vitamin saat puasa harus disesuaikan dengan waktunya agar kandungan vitaminnya terserap dengan baik oleh tubuh. Inilah waktu yang tepat untuk mengonsumsi vitamin saat berpuasa.

Waktu yang tepat minum vitamin saat puasa

1. vitamin yang larut dalam air

Vitamin yang larut dalam air dapat dengan mudah diserap oleh tubuh melalui makanan dan minuman. Contohnya adalah vitamin C yang larut dalam air, vitamin B, dan asam folat. Disarankan untuk menggunakan vitamin ini di pagi hari sebelum sarapan, 30 menit sebelum makan atau 1 jam setelah sarapan.

2. Lemak

Contoh vitamin yang larut dalam lemak adalah Vitamin A, Vitamin K, Vitamin E dan Vitamin D. Waktu yang tepat adalah pada malam hari setelah puasa, yaitu makan makanan yang tinggi lemak atau minyak jenuh untuk membantu melancarkan pencernaan. .

Saat mengonsumsi vitamin, selalu ingat untuk minum banyak air agar tubuh tetap kering dan bebas dari asam lemak tak jenuh.

Jika Anda menjaga tubuh tetap bergerak selama puasa dan tetap sehat, tubuh Anda akan merasa berenergi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.