penyebab bab berwarna hijau
Source Image : pexels.com

5 Penyebab BAB Berwarna Hijau dan Cara Mengatasinya

Pada umumnya, BAB berwarna cokelat, akan tetapi bagaimana jika BAB berwarna hijau, merah, hitam, kuning, dan warna apapun. Jika warna BAB tidak seperti biasanya, hal itu pasti perlu dipertanyakan, apakah ada kesalahan makan atau penyakit di dalam tubuh.

Pastinya beberapa orang pernah mengalami BAB berwarna hijau, dan dalam seketika merasa bingung dan takut saat melihatnya. Karena, bagi mereka warna yang dikeluarkan itu tidak umum dan tidak pernah mengalaminya, akan tetapi jika terjadi seperti memang penting untuk mengetahui apa penyebabnya.

Jika sudah mengetahui apa penyebab dari BAB berwarna hijau, Anda pun harus tahu bagaimana cara mengatasinya, agar warnanya kembali seperti semula. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir jika mengalami hal seperti ini, karnea hal tersebut menandakan kondisi kesehatan yang normal.

Dan penyebab dari BAB berwarna hijau adalah apa yang Anda makan dan jumlah empedu yang ada di tubuh Anda. Baiklah, berikut ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi warna kotoran yang hijau, simak selengkapnya disini.

5 Penyebab BAB Berwarna Hijau dan Cara Mengatasinya

Sisa Makanan

Penyebab pertama yang membuat kotoran menjadi warna hijau adalah sisa makanan yang Anda makan sebelumnya atau perubahan pola makan Anda. Contoh beberapa makanan yang bisa membuat kotoran menjadi hijau adalah sayuran hijau, makanan yang mengandung pewarna hijau, dan suplemen zat besi.

Hal yang menyebabkan kotoran menjadi hijau, dikarenakan kandungan klorofil dalam sayuran dapat meninggalkan residu bermacam-macam warna pada feses. Itulah yang membuat kotoran beberapa orang menjadi warna hijau setelah mengkonsumsi sayur-sayuran hijau terlalu banyak.

Pigmen Empedu

Penyebab kedua yang membuat kotoran menjadi warna hijau adalah pigmen empedu, dimana empedu adalah cairan yang dihasilkan oleh hati, kemudian disimpan kedalam kantong empedu. Dan pada umumnya, warna cairannya kekuningan dan nantinya akan tercampur dengan makanan dalam perut.

Cairan tersebutlah yang memiliki fungsi untuk memudahkan tubuh mencerna lemak yang ada di makanan. Dan saat cairan tersebut bercampur dengan makanan-makan yang Anda konsumsi, cairan tersebut sangat mungkin tidak larut di dalam makanan.

Pengaruh dari Obat-obatan Tertentu

Penyebab ketiga yang membuat kotoran menjadi warna hijau adalah pengaruh obat-obatan tertentu atau bisa juga dikarenakan antibiotik. Seperti yang diketahui, antibiotik berfungsi untuk menghentikan perkembangan dari bakteri-bakteri yang ada di dalam tubuh.

Akan tetapi yang menjadi masalah adalah antibiotik ini juga menghentikan bakteri-bakteri baik yang ada di dalam tubuh. Hal inilah yang membuat kotoran berubah menjadi warna hijau, karena populasi dari bakteri hijau mengurang dan akhirnya, bakteri yang memberikan warna cokelat pun berkurang.

Masalah Pencernaan

Penyebab keempat yang membuat kotoran menjadi warna hijau adalah terdapat masalah pencernaan, jadi tidak selamanya kotoran berubah menjadi warna hijau menandakan kondisi masih sehat. Bisa saja, Anda mengalami masalah pencernaan yang membuat warna kotoran berubah menjadi hijau.

Dan beberapa masalah pencernaan yang menyebabkna perubahan warna pada kotoran adalah diare, penyakit crohn, dan penyakit celiac. Jadi jagalah pola makan dan apa yang akan dimakan, agar kotoran tidak berubah warna menjadi hijau.

Adanya Parasit dan Bakteri

Dan penyebab terakhir yang membuat kotoran menjadi warna hijau adalah adanya parasit dan bakteri di dalam tubuh Anda. Parasit dan bakteri bisa membuat kotoran Anda berubah menjadi warna hijau, seperti Salmonella, parasit Giardia, norovirus, dan masih banyak lagi.

 

Akan tetapi jangan khawatir dan takut jika Anda adalah orang yang mengalami fases, karena ada cara mengatasinya. Dan berikut ini adalah cara mengatasi perubahan warna pada kotoran dari cokelat ke hijau, simak berikut ulasannya.

Mengkonsumsi Obat-obatan

Jika perubahan tersebut dikarenakan infeksi bakteri, pastinya dokter akan meresepkan antibiotik sesuai dengan gangguan yang Anda sebabkan.

Perawatan Rumah

Jika penyebab dari perubahan warna kotoran dikarenakan penyakit Celiac, Anda sebagai penderita harus mengikuti program diet bebas gluten.

Operasi

Jangan salah jika perubahan warna kotoran tidak memerlukan operasi, karena ada beberapa kondisi yang memungkinkan penderita diharuskan untuk operasi. Contohnya seperti penyakit crohn memerlukan pembedahan untuk segera mengatasinya.

 

 

Penutup

Itulah beberapa penyebab dan bagaimana cara mengatasi jika terjadi perubahan warna pada kotoran dari cokelat ke hijau. Saya harap Anda bisa sembuh dan tidak melakukan operasi, terimakasih sudah menbaca artikel ini, dan semoga bermanfaat.