manfaat gula batu dan efeknya
Source Image : freepik.com

5 Manfaat Gula Batu dan Efeknya pada Tubuh

Artikel ini akan membahas tentang manfaat gula batu dan efeknya pada tubuh untuk kesehatan, simak selengkapnya disini. Gula batu atau biasa disebut dengan gula kristal adalah salah satu jenis gula, dimana proses pembuatannya dengan mendinginkan sirup gula dan menjadikannya kristal besar.

Mungkin beberapa orang masih asing dengan salah satu jenis gula ini, karena masih banyak orang yang menggunakan jenis gula pasir dan gula merah. Akan tetapi rasa dari gula kristal ini sangat enak, bagaimana tidak karena gula kristal dibuat dari berbagai jenis gula, seperti pasir putih, tebu, dan gula merah.

Selain rasanya yang enak, manfaat gula batu dan efeknya sangat banyak dan mungkin banyak yang belum diketahui oleh banyak orang. Pada umumnya, gula kristal ini kerap digunakan di masakan Asia, contohnya untuk mempermanis teh, makanan penutup, dan bisa dicampurkan pada hidangan yang gurih.

Meskipun kerap digunakan pada masakan Asia, gula kristal ini kurang manis jika dibandingkan dengan gula yang pada umumnya. Karena rasanya yang tidak terlalu manis, ini bisa menjadi bahan pemanis yang ideal untuk berbagai hidangan dan minuman, dan berikut ini adalah manfaat gula batu beserta efeknya, simak berikut.

5 Manfaat Gula Batu dan Efeknya pada Tubuh

 

Dapat Meredakan Batuk

Manfaat pertama dari gula kristal adalah dapat meredakan batuk, dimana gula dipercaya bisa mengatasi masalah batuk dengan cepat. Meskipun begitu, masih ada beberapa orang yang menganggap hidangan atau minuman yang mengandung gula harus dihindari, dikarenakan ada kemungkinan penyebab dari batuk.

Bisa Meningkatkan Hemogoblin

Manfaat kedua dari gula kristal adalah bisa meningkat hemogoblin, dimana jika tubuh kekurangan hemogoblin, tubuh akan merasa cepat kelelahan. Tidak hanya itu, kekurangan hemogoblin juga bisa memberikan efek lainnya seperti pusing, kulit menjadi pucat, dan anemia, jika mengkomsumsi gula kristal hal ini akan meningkatkannya.

Menghentikan Mimisan

Manfaat ketiga dari gula kristal adalah dapat menghentikan mimisan, dari kedua manfaat diatas, gula kristal juga mampu menghentikan mimisan. Mungkin beberapa orang sudah tahu bagaimana cara mengantisipasi mimisan, dengan cara memberikan daun siri pada hidung, akan tetapi itu hanya untuk meredakan rasa sakitnya saja.

Jadi masih ada segilintir orang yang mengira daun sirih bisa dimnfaatkan untuk menghentikan mimisan, padahal anggapan itu salah. Gula kristallah yang mampu menghentiukan mimisan, daripada menggunakan daun sirih alangkah lebih baik mengkonsumsi sepotong gula batu dan air untuk menghentikan mimisan.

Sangat Baik untuk Otak

Manfaat keempat dari gula kristal adalah sangat baik untuk otak, pastinya manfaat yang satu ini masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Jadi salah satu manfaat dari gula kristal itu sangat baik untuk otak, dimana akan membantu meningkat daya ingat dan mengatasi kelelahan mental seseorang.

Minuman yang Menyegarkan

Manfaat terakhir dari gula kristal adalah bisa dijadikan minuman yang menyegarkan pada musim panas, karena gula kristal memiliki efek menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Dan perlu diketahui, jika gula kristal sudah menjadi minuman menyegarkan akan menjadi energi instan bagi tubuh.

 

Efek Samping dari Mengkonsumsi Gula Batu secara Berlebihan

 

Menyebabkan Kegemukan

Efek samping pertama yang bisa disebabkan oleh gula kristal adalah menyebabkan kegemukan, jika mengkomsumsinya berlebih akan menyebabkan obesitas. Jika sudah mengalami obesitas, kondisi kesehatan lainnya akan terganggu dan ada kemungkinkan resiko mengidap diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan lainnya.

Membuat Kesehatan Mulut menjadi Buruk

Efek samping ketiga yang bisa disebabkan oleh gula kristal adalah membuat kesehatan mulut menjadi buruk, dimana kandungan bisa bisa merusak gigi secara tidak langsung. Meskipun begitu, bakteri-bakteri yang ada pada gula akan menempel pada gigi, sehingga kesehatan mulut menjadi buruk dan membentuk lapisan plak.

Dengan adanya lapisan plak pada mulut, membuat bakteri berada di gigi dengan jangka waktu yang lama. Dalam jangka waktu tersebut, bakteri akan menghasilkan asam yang membuat gigi terkikis, dan seiring waktu membuat gigi berlubang.

 

Penutup

Itulah beberapa manfaat dan efek dari mengkonsumsi gula kristal, pastinya mengkonsi gula kristal akan menimbulkan dampak yang positif. Akan tetapi jika mengkonsumsi dengan jumlah yang berlebihan akan menimbulkan dampak yang negatif seperti yang dijelaskan diatas.