penyebab obesitas pada remaja
Source image : freepik.com

5 Faktor Penyebab Obesitas pada Remaja yang Harus Diwaspadai

Obesitas atau bisa dibilang kegemukan adalah salah satu kondisi yang dialami oleh manusia, dimana lemak bertumpuk di tubuh. Hal ini dikarenakan banyaknya kalori yang ada di dalam tubuh, faktor penyebab obesitas itu banyak, simak selengkapnya disini untuk beberapa faktor yang menyebabkan kegemukan.

Beberapa orang yang ada di Indonesia, banyak yang mengatakan gemuk adalah tanda bahwa ia bahagia, padahal anggapan itu salah. Bayangkan saja, jika seorang menjadi gemuk banyak aktivitas yang terganggu, karena penderita tidak akan bisa leluasa bergerak.

Tidak hanya itu, bagi jika sudah mengalami kegemukan, tentunya sulit untuk menentukan ukuran dari pakaian, dimana ukurannya sangat sulit untuk dicari. Jika ingin terhindar dari kegemukan, ketahui terlebih dahulu apa saja faktor penyebab obesitas.

Dan jika sudah mengetahui faktor penyebab obesitas, mulailah untuk menentukan kegiatan penurunan berat badan untuk menjadi ideal. Dan berikut ini adalah deretan faktor penyebab obesitas yang harus diketahui dan diwaspadai, simak berikut ulasannya.

5 Faktor Penyebab Obesitas pada Remaja yang Harus Diwaspadai

Faktor Genetika

Faktor pertama yang menyebabkan kegemukan adalah faktor genetika, dimana faktor pertama ini adalah salah satu yang kerap terjadi. Seperti yang diketahui, gen pastinya akan menurun kepada anak, oleh sebab itu ada kemungkinan faktor anak menjadi kegemukan adalah faktor genetika yang dimiliki oleh orang tua.

Dan alasan lainnya dikarenakan gen pada umumnya memberikan instruksi kepada tubuh manusia dan merespon perubahan lingkungan disekitarnya. Tidak sampai disitu, pada umumnya satu keluarga memiliki aktivitas dan pola makan yang sama, tidak heran jika satu keluarga memiliki masalah kesehatan yang sama.

Mengkonsumsi Makanan Tidak Sehat

Faktor kedua yang menyebabkan kegemukan adalah mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, faktor kedua kerap dilakukan. Seperti yang diketahui, saat ini banyak makanan-makanan jenis junk food atau makanan yang memiliki kandungan kalori, lemak, gula, garam yang tinggi, dan masih banyak lagi.

Makanan jenis ini kerap dikonsumsi oleh para remaja saat ini, mungkin beberapa makanan terlihat menyehatkan, padahal anggapan itu salah. Contohnya adalah burger, terlihat menyehatkan akan tetapi burger memiliki kandungan kalori, lemak jenuh, dan natrium yang sangat tinggi.

Jarang Bergerak atau Melakukan Olahraga

Faktor ketiga yang menyebabkan kegemukan adalah jarang bergerak atau melakukan olahraga, semenjak pandemi banyak orang menjadi malas. Yang pada umumnya, banyak melakukan aktivitas di luar rumah, akan tetapi sejak saat ini banyak orang yang tidak melakukan aktivitas di luar, sehingga jarang bergerak.

Tidak hanya jarang bergerak saja, banyak orang pada masa pandemi yang enggan untuk melakukan olahraga dikarenakan malas. Padahal dengan melakukan olahraga bisa terhindar dari kegemukan, meskipun tidak di luar ruangan,  olahraga bisa dilakukan dimana saja meskipun di ruangan tertutup.

Faktor Usia

Faktor keempat yang menyebabkan kegemukan adalah faktor usia, dimana manusia akan mengalami malas untuk bergerak seiring usia bertambah. Akan tetapi, hal ini bisa menjadi salah satu faktor untuk mengidap kegemukan, jadi masalah kesehatan ini tidak akan mengenal usia, meskipun lansia.

Jadi, semakin tua seseorang, akan semakin jarang untuk melakukan olahraga, alangkah lebih baik untuk melakukannya. Meskipun itu bukanlah olahgara yang berat, pahamilah terlebih dahulu batasan yang bisa dilakukan, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat melakukannya.

Stress

Faktor terakhir yang menyebabkan kegemukan adalah stress, salah satu faktor ini adalah faktor umum yang kerap terjadi oleh semua orang. Beberapa orang beranggapan untuk mengalihkan stressnya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang manis, seperti cokelat, snack, dan sebagainya.

Dengan mengkonsumsi jenis makanan-makanan tersebut, kandungan kalori, lemak, kadar gula yang tinggi akan dikonsumsi dalam jangka besar. Jika hal ini diteruskan dan pengidap stress pun merasa nyaman dengan solusi tersebut, ia akan merasa kecanduan dan memicu kenaikan berat badan hingga kegemukan.

 

Penutup

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan kegemukan pada seseorang, rata-rata faktor yang terjadi adalah dikarenakan makanan. Contonya mengkonsumsi makanan yang tidak sehat atau saat stress, dengan begitu makanan tersebut menjadi pemicu seseorang mengidap bahan yang kegemukan.

Padahal hal tersebut tidak boleh dilakukan, alangkah lebih baik jika sedang stress untuk melakukan refreshing atau liburan. Hal ini membuat terhindar dari resiko kegemukan, terimakasih sudah membaca artikel ini, saya harap artikel ini bisa membantu dan membuat Anda terhindar dari resiko kegemukan.