Apa itu Web Server_ Simak Penjelasannya Berikut Ini!
Apa itu Web Server_ Simak Penjelasannya Berikut Ini!

Apa itu Web Server? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

ADVERTISING

Apa itu web server? Pertanyaan itu kerap dipertanyakan oleh para pengguna internet. Tak heran, kata kunci tersebut lumayan banyak digunakan di halaman pencarian. Sebenarnya, ini berkaitan erat dengan browser yang selalu dipakai setiap hari.

Sekilas tentang Apa Itu Web Server?

Bicara tentang web server, untuk bisa memahaminya, Anda sebaiknya mengaitkannya dengan browser. Halaman pencarian seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome selalu dipakai ketika seseorang ingin mendapatkan berbagai jawaban.

Browser ialah perantara yang mengirimkan kata kunci para pengguna internet untuk diteruskan menuju web server. Bisa dikatakan, ini adalah perangkat lunak dengan fungsi menerima rangsangan dari halaman pencarian. Tidak berhenti di sana saja, software tersebut harus mengolahnya kembali.

Advertisements
TRENDING  Cara Memanggil Localhost Xampp yang Benar

Web server akan mengolahnya sebagai request hingga akhirnya software tersebut memberikan informasi dalam bentuk html yang bisa dipahami oleh para pengguna internet. Tanpa kehadirannya, peselancar dunia maya tidak akan memperoleh data apapun, baik berupa gambar maupun teks.

Mengenal Bagaimana Cara Kerja Web Server

Apa itu web server? Agar lebih memahaminya, ada baiknya mencoba mempelajari cara kerjanya terlebih dahulu. Software ini berada di program komputer, yakni penyimpanan berbagai data. Saat browser mengirimkan permintaan semisal teks atau gambar, maka perangkat lunak itu akan memprosesnya.

Advertisements

Selanjutnya, perangkat lunak tersebut akan mengemasnya dalam bentuk http atau https hingga akhirnya dikembalikan pada browser dengan tampilan yang mudah dibaca. Tak semua permintaan mampu disanggupi. Bila datanya tidak tersedia, maka web server otomatis akan memberikan sinyal negatif.

TRENDING  Cara Membuat Web dengan WordPress Gratis Tanpa Ilmu Coding

Sinyal negatif tersebut kemudian dikirimkan ke browser yang digunakan, misalkan Google Chrome. Pada tampilan layar, pengguna umumnya menemukan respon Error 404. Hal itu menandakan server sama sekali tidak memiliki data. Jika ini terjadi, Anda tak bisa berbuat apa-apa selain menggantinya.

Demikian beberapa hal yang perlu dipahami jika ingin mengetahui mengenai apa itu web server. Perangkat lunak tersebut sangat berkaitan dengan browser. Software ini canggih karena bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan pengguna internet sesuai database. Semoga info di atas bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.