10 Tempat Wisata di Nusa Penida

Bali merupakan salah satu tempat liburan yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Banyak sekali tempat-tempat yang begitu mengagumkan yang wajib untuk dikunjungi saat sedang memutuskan untuk mengisi waktu liburan di Pulau Dewata, salah satunya yakni Nusa Penida.

Letak dari Nusa Penida ada di sebelah tenggara Pulau Bali. Banyak sekali yang disuguhkan karena keadaan geografis pulau yang begitu indah ini. Mulai dari pegunungan yang menjulang tinggi, hingga panorama perairannya yang sangat menarik perhatian para wisatawan.

Terlebih lagi, Anda akan menemukan banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik dan wajib untuk dikunjungi di Nusa Penida. Bahkan, tempat wisata ini tidak kalah memukaunya dengan tempat-tempat liburan lain yang terdapat di pulau utamanya. Berikut daftar tempat wisata yang terkenal di Nusa Penida yang layak Anda kunjungi saat liburan.

1. Angel’s Billabong

Angel’s Billabong
Image Credit: Twitter.com @carolinevaniaa

Salah satu tempat paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun lokal di Nusa Penida adalah Angel’s Billabong. Tempat ini terkenal karena panorama yang begitu mempesona.

Saat Anda pertama kali mengunjungi destinasi wisata ini, tentunya pemandangan bahari yang begitu menawan dari batu karang hingga airnya yang jernih bisa membuat badan ingin sekali berenang di dalamnya. Dengan warna air laut dan batu karang yang berpadu menciptakan suasana eksotik.

Alamat: JSakti, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali.

2. Pantai Atuh

Image Credit: Flickr.com @madesuwita
Image Credit: Flickr.com @madesuwita

Banyaknya pilihan pantai yang begitu eksotis bisa Anda dapatkan dengan mudah di Pulau Dewata, salah satunya yakni di Pantai Atuh yang berada di Nusa Penida. Dengan hamparan pasir putih kekuningan dan birunya lautan, tentunya panorama ini akan membuat Anda terpukau bila ke destinasi wisata ini.

Setelah menuruni bukit daerah pantai, Anda dapat melihat panorama pesisir yang begitu mempesona. Pantai ini terkenal dengan kesunyiannya, hanya suara ombak yang bergemuruh saja yang mungkin bisa Anda dengar. Selain sangat sunyi, pantai ini juga sangat bersih dari sampah-sampah yang berserakan.

Alamat: Pejukutan, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali.

3. Goa Giri Putri

Goa Giri Putri
Image Credit: Instagram.com @balianwater

Salah satu tempat religi untuk pemeluk agama Hindu, yakni Pura Goa Giri Putri yang memiliki banyak sekali sejarah di baliknya. Pura ini terletak di daerah Banjar Karangsari. Keunikan dari tempat ibadah ini adalah lokasinya yang berada di dalam goa.

Saat berada di pintu masuk, Anda akan melihat sebuah goa dengan lubang yang cukup sempit untuk dimasuk banyak orang. Namun setelah menelusuri mulut goa untuk menuju ke intinya, Anda pastinya akan terpukau akan keindahan di dalam goa tersebut.

Alamat: Suana, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali.

4. Mata Air Tembeling

Mata Air Tembeling
Image Credit: Facebook.com @lovenusapenida

Nusa Penida merupakan surganya wahana alami yang dimiliki oleh Bali. Anda tidak akan kesulitan menemukan beberapa wahana alam yang begitu indah seperti halnya Mata Air Tembeling yang ada di Desa Batumadeg.

Air mata ini memiliki diameter yang cukup lebar sekitar 5 hingga 6 meter, sangat cocok bagi Anda yang ingin sekali menikmati kesegaran airnya dengan cara berenang. Mata air di sini terbagi menjadi 2 bagian, yakni khusus laki-laki dan satunya untuk perempuan. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda tertukar apabila ingin berendam di kolam mata air ini.

Lokasi: Desa Batu Madeg, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

5. Pantai Suwehan

Pantai Suwehan
Image Credit: Shutterstock.com @leo_nik

Salah satu pantai favorit di kalangan para wisatawan asing maupun lokal yang memberikan nuansa eksotiknya yakni Pantai Suwehan. Berada di Desa Tanglad, pantai ini sangat mudah untuk ditemukan terutama bagi para pelancong yang pertama kali menjelajah Nusa Penida.

Pantai Suwehan memiliki daya tarik dari pemandangan laut biru yang dipadu dengan hamparan pasir putih yang begitu halus di kaki. Selain itu, Anda juga akan mendapati sebuah batu karang berbentuk segitiga yang sangat besar yang menjadi ikon dari wisata pantai ini.

Lokasi: Tanglad, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

6. Smoke Beach

Smoke Beach
Image Credit: Google Maps (Trip.Nusa.Penida)

Salah satu pantai yang menyuguhkan selain hamparan pasir putih adalah Smoke Beach. Pantai ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun asing karena tabrakan ombak dan karang yang cukup tinggi. Bahkan ketinggian ombak tersebut hingga mencapai 10 meter.

Untuk menikmati fenomena alam tersebut, terkadang para wisatawan akan berdiri di tepi batu karangnya untuk menunggu ombak yang akan datang. Akan tetapi, sangat disarankan untuk selalu berhati-hati saat Anda ingin menikmati deburan ombaknya.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

7. Jembatan Kuning

Jembatan Kuning
Image Credit: Twitter.com @okezonenews

Tidak kalah dengan dengan Amerika yang memiliki Golden Bridge, Nusa Penida juga memiliki jembatan yang paling indah yakni Jembatan Kuning. Banyak orang yang datang ke jembatan yang menghubungkan Pulau Lembongan dan Pulau Ceningan hanya untuk berfoto saja.

Latar belakang yang sangat menarik juga bisa Anda dapatkan saat ingin mengabadikan momen di Jembatan Kuning ini. Anda akan langsung dibawa dalam sebuah nuansa perairan yang banyak digunakan oleh para nelayan ataupun beberapa kapal kargo yang selalu berlalu-lalang di bawahnya.

Lokasi: Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung.

8. Seganing Waterfall

Seganing Waterfall
Image Credit: Instagram.com @samjlac

Apabila Anda sedang berada di Desa Bunga Mekar, sangat dianjurkan untuk pergi menikmati keindahan dari Air Terjun Seganing. Akan tetapi, untuk menuju ke tempat wisata ini, pengunjung harus melakukan sebuah perjalanan yang terbilang cukup ekstrim. Letaknya berada di tepi tebing yang cukup terjal dan licin bila cuaca sedang hujan.

Setelah menaklukkan semua medan yang begitu mendebarkan, Anda akan dibawa ke dalam suasana air terjun yang begitu indah dengan bukit-bukit yang bertingkat. Karena berada di kawasan pesisir, Anda juga bisa menikmati birunya lautan yang ada di sana.

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

9. Manta Point

Manta Point
Image Credit: Twitter.com @balibreizh

Apabila Anda seorang yang sangat gemar dalam olahraga menyelam, Manta Point adalah tempat yang tidak boleh hilang dari daftar tempat liburan yang harus dikunjungi. Sebagai pusat snorkling di Nusa Penida, tempat ini menjadi sebagai objek wisata yang paling banyak orang kunjungi.

Saat menyelam di tempat ini, Anda akan secara langsung ditemani ikan pari Manta yang sangat ikonik. Selain itu, biota laut lainnya juga bisa ditemui seperti gurita, ikan pari titik biru, belut moray, kepiting porselain, dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

10. Temple Point

Temple Point
Image Credit: Twitter.com @grandhyattbali

Salah satu spot diving lainnya yang banyak para wisatawan kunjungi untuk mengisi waktu liburan mereka ada di Temple Point. Di sini Anda akan jarang sekali menemukan hewan-hewan laut yang menggemaskan ataupun terumbu karang yang begitu cantik, akan tetapi patung-patung budha yang berada di dasar laut.

Patung-patung tersebut merupakan sebuah peninggalan bersejarah dan telah berada di dalam air lebih dari 100 tahun. Bahkan, di antara patung-patung tersebut sudah ditumbuhi lumut. Saat Anda sedang menyelam di kawasan ini, sebaiknya harus berhati-hati sebab arusnya cukup kencang.

Lokasi: Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.